Cara Mengantisipasi Akun Facebook Anda Dari Serangan Hacker dan Cracker

logo facebook

Salam jumpa lagi para Pengunjung sekalian !

Pada pos kali ini saya akan berbagi tentang cara mengantisipasi dan mengamankan akun facebook Anda dari ulah mafia cyber,yaitu para hacker dan cracker jahat.Sebelumnya memang sudah banyak artikel-artikel yang membahas tentang ini dari berbagai versi,namun disini saya juga merasa perlu ikutan menambah referensi dari sudut pandang saya pribadi.Berangkat dari kejadian yang pernah dialami,saya harus rela kehilangan akun sampai dua kali.Lebih parah lagi adalah teman saya seorang cewek yang harus menanggung malu akibat aktivitas vulgar dan jorok dari pelaku atas nama dan akun dia.Anda tidak mau kan mengalami kejadian serupa ? Untuk itu alangkah baiknya kita pakai petuah peribahasa "sedia payung sebelum hujan".Nah,berikut ini adalah cara / tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya :

    Kekuatan kata sandi atau password.Gunakan minimal 10 karakter yang terdiri dari perpaduan huruf besar kecil,angka dan simbol.Buat berbeda dengan sandi email dan akun lainnya.


Dan penting juga untuk merahasiakan sandi pada siapun terkecuali kepada orang yang Anda benar² percayai (jika dirasa perlu ada orang lain yang tau).Usahakan ketika masuk ke akun Anda menggunakan metode copas,selain mudah cara ini dapat mempersulit deteksi keyloger.

Selain kata sandi,metode pencegahan lain yang erat kaitannya adalah sistem privasi.Caranya sebagai berikut :

    Anda masuk dulu ke Facebook,

    kemudian buka tab Pengaturan => pilih & klik Privasi => lihat pilihan Berbagi informasi di Facebook kemudian klik Sunting Pengaturan =>lihat pilihan Informasi Kontak => pilih & klik Hanya Saya pada nomor telepon yang Anda gunakan untuk login dan semua email.
Menyembunyikan nomor telepon seluler dan semua alamat email menurut saya adalah "wajib".Mengapa demikian ? karena langkah awal yang diambil oleh para peretas adalah mencatat data syarat masuk akun Anda.Jika nomor tersembunyi maka mereka pikir dua kali soalnya laporan / pemberitahuan sms dapat diatur sesuka Anda dan mereka tidak bisa mengecek nomor sedang aktif atau tidak.Kemudian untuk email,mereka biasanya memulai aksi dengan membredel akun email karena kebanyakan pengguna tiap hari ol di facebook tapi jarang bahkan tidak lagi masuk ke layanan email.Kelengahan inilah sasaran empuk mereka.Jika akun email sudah didapat,selanjutnya terserah mereka mau apa.Oleh karena itu sebaiknya memang kita harus waspada sebelum terlambat.Demikian ulasan singkat dari saya,nantikan tulisan berikutnya.Semoga bermanfaat dan salam sukses....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar