Cara Mudah Mengusir Tikus

tikus

Sumber foto : www.tootinglife.com

Assalaamu'alaikum....

Para pengunjung sekalian...,pada posting kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang bagaimana cara mudah,murah meriah tapi efektif untuk mengusir tikus.Anda tau kan ulah binatang yang satu ini ? Sudah bau tak enak banget,bikin suara gaduh lebih-lebih dimalam hari,suka merusak berbagai peralatan rumah tangga,gemar mencuri makanan apalagi yang namanya padi.Waaah.... hidangan lezat buat dia,pokoknya bikin kita jengkel terus dibuatnya. Nah,berikut ini ada cara efektif & efisien untuk mengusirnya dari rumah,gudang,lumbung padi atau tempat-tempat yang jadi favoritnya.Bahan dan caranya sebagai berikut :

1. Daun Sirsak

Ambil daun sirsak beserta ranting secukupnya,kemudian dikucek sedikit supaya aromanya keluar.Letakan disarang/persembunyian dan atau ditempat-tempat yang biasa jadi targetnya.Biarkan sehari dua hari,tikus-tikus nakal itu bakalan kabur karena aroma mahong menyengat daun sirsak sangat tidak disukainya.Cara ini bisa dilakukan berulang-ulang jika suatu saat hewan ini nongol lagi.Cara ini pula yang paling sering saya praktekan,terbukti manjur soalnya :D.

2. Buah Mengkudu

Ambil beberapa buah mengkudu yang sudah matang,lalu dipotong sesuai keinginan.Kemudian letakan disarang/persembunyian dan atau ditempat-tempat yang biasa jadi targetnya.Beri alas plastik pada tiap potongan buah tersebut.Biarkan beberapa hari sampai hewan ini tak mau lagi mampir.Namun perlu diingat,cara ini sebaiknya dilakukan untuk tempat yang agak jauh dari dapur atau ruang makan.Karena yang namanya buah lama kelamaan akan membusuk,nantinya kan mengundang bari-bari dan lalat berkerumun.

Dua cara diatas cukup mudah dan bisa dipraktekan tanpa harus mengeluarkan biaya,juga lebih aman tentunya.Dibandingkan dengan pasang lem atau perangkap tikus apalagi ngasih racun,wah... musti hati-hati benar.Sejauh pengalaman penulis,kalau pakai lem,perangkap atau racun biasanya yang kena satu dua ekor saja.Sedangkan yang lainnya tak kena lagi,ngerti juga rupanya ni binatang dengan bahaya.Malahan yang masih tersisa kadang-kadang ulahnya semakin beringas saja.Bukannya saya menakut-nakuti sih,tapi kalau Anda pernah melakukan mungkin pernah juga kan mengalami hal yang sama.Untuk itu,alangkah baiknya jika cara diatas Anda coba dulu.Demikian tips sederhana ini saya bagikan,semoga bermanfaat.Wassalam....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar